Senin, 29 April 2013

Metode Ampuh Agar Cepat Bisa Membaca Kitab Gundul

Sebetulnya membaca kitab gundul atau teks-teks arab tanpa harokat bukanlah pekerjaan yang sulit asalkan kita sudah tahu caranya. Yang dibutuhkan sebenarnya hanyalah kesungguhan kita dalam memadukan antara teori dan praktik. Karena kenyataan yang ada, para pelajar nahwu banyak menghabiskan waktunya untuk masalah teori, bahkan ironisnya mereka bertele-tele membahas teori yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan membaca kitab.
Berikut ini cara-cara yang -insya Allah- akan banyak bermanfaat bagi pecinta percepatan kemampuan bisa membaca kitab gundul :
1.       Berdoa sepenuh hati.
2.       Menganggap bahwa membaca kitab gundul itu mudah.
3.       Menghapal dan memahami kaidah nahwu (meliputi definisi istilah, pembagian, macam dan contohnya)
4.       Menghapal dan memahami tasrif.
5.       Dalam waktu tiga atau empat bulan sebaiknya garis besar nahwu dan sorof sudah dikuasai, sehingga secepatnya bisa mempraktikkan.
6.       Banyak praktik, jangan terlalu sibuk dengan teori, apalagi teori yang tidak penting bagi pemula.
7.       Menghapal kosa kata (mufrodat), pengaruh kosa kata dalam memahami teks arab lebih dari 75 %. Sehebat apapun nahwu sorofnya seseorang, jika tidak ditunjang dengan kosa kata yang memadai, dia tidak akan bisa memahami teks arab, bahkan dalam menerapkan nahwu dan sorofnya-pun banyak melakukan kesalahan.
8.       Untuk bisa membaca kitab gundul tidak ditentukan berapa tahun dia belajar, tetapi ditentukan sejauh mana penguasaan nahwu-sorof dan kekayaan kosa kata (minimal 1500 kata).
9.       Gunakan dua kitab, satu gundul untuk latihan membaca dan yang satunya lagi sudah ada afsahannya (makna dan kode nahwu) untuk mengecek bacaan kita. Lebih baik jika ada ustadz atau teman yang siap menyimakkannya. Kitabnya terserah Anda.
10.   Jangan bosan membuka kamus -meskipun berulang kali- ketika kita mendapati kata yang tidak tahu artinya.
11.   Setiap kita mendapati kalimat, usahakan mengetahui kedudukan tiap kata  (tarkib), tasrif dan maknanya.

Dengan porsi latihan seperti itu serta dipadukan dengan kesungguhan, insyaALLAH membaca kitab gundul menjadi hal yang mudah. Tentunya sebanding dengan kualitas dan kuantitas latihannya.
4

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar